Senin, 16 Maret 2015

Sejarah Singkat Pendiri HONDA

Saya Prof.Mechanic Sinthing kaliini akan menjelaskan tentang sejarah singkat motor honda...

Sukses Honda bermula dari sebuah dusun dekat Hamamatsu, Jepang. Di situ lahir Soichiro Honda, putra seorang pandai besi miskin.
Beranjak dewasa, dia pergi ke Tokyo dan bekerja di bengkel reparasi mobil, lewat kejeniusannya, dia mampu mendirikan institut penelitian teknik atas namanya sendiri. Dari keuntungan yang didapat, Soichiro membeli 500 mesin bekas perang yang nantinya dirakitnya jadi sebuah motor sederhana.
Rentang 1948-51, Institut Teknik Honda membangun Honda Motor Co. Ltd dan membuat Honda yang pertama berjuluk Dream (Impian). Ini motor sukses besar di pasaran hingga muncul varian-varian lain semisal Dream tipe E 146cc.
Antara 1952-58 ia bernafsu membuat Honda tipe F berbasis sepeda kumbang. Kapasitas mesin Cuma 50 cc dan punya tenaga 0,5 dk.
Cuma lima tahun setelah berdiri, mereka sudah mampu mengekspor produknya ke luar negeri. Tak lama berselang, motor-motor Benly J (A, B, C) dan Dream (6E, SB,SA) sudah membanjiri pasar domestik jepang.
Untuk menjaga kualitas, mereka juga membentuk divisi Penelitian dan Pengembangan(Research & Development) pada 1957 di daerah Shirako (sekarang Saitama). Lembaga ini giat menjalankan riset agar mesin Honda semakin ok!
Sejarah mencatat kalau varian Benly jadi yang terpenting dalam sepak terjang mereka. Buktinya, mereka ikutan balap motor di Inggris, Tourist Trophy (TT) atau Isle Of Man. Disana dikebut tipe RC 142 yang berbasis Benly. Di balapan TT itu, mereka mampu menggondol hadiah beregu tahun 1959, sebagai bebuka keperkasaan Honda di kancah balap.
Rentang 1959-60 dibukakan ‘pintu’ dunia lewat lahirnya anak perusahaan Honda di Amerika (American Honda Motor. Co. Inc., 1959). Debut ini sukses besar hingga mereka kudu membuat pabrik superbesar di Suzuka Jepang guna memenuhi kebutuhan sekaligus membangun sirkuit Suzuka barengan pemerintah Jepang (1962). Lihat tuh! Untuk varian Super Cub aja, terjual 15 juta unit (angka statistik Desember 1983).
Nggak puas, antara 1961-65 berdiri lagi European Honda (sekarang jadi Honda Deutschland G.M.B.H) pada 1961. juga Honda Belgium (Honda Benelux N.V) pada 1962 yang banyak membuat moped. Dari dua perusahaan ini, bikers Perancis dan Inggris kebanjiran produk mereka. Tak aneh kalau total keuntungan mereka tahun 1965 mencapai 100 miliar Yen.
Puas main-main di motor, ‘kekuatan kuning’ ini gatel bikin mobil tahun 1962. debut awalnya pick-up ringan T360 dan mobil sport S360. Tahun 1964 mereka sudah bikin mobil cepat S600 yang disambut hangat penikmatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar